Sabtu, 02 April 2011

MEKANISME PRODUKSI BERITA, TEKNIK PENGAMBILAN ANGLE DAN PENULISAN BERITA, SERTA SISTEM DOKUMENTASI DAN PELAPORAN


Oleh: DASMA E. DJUNAEDI


MEKANISME PENULISAN BERITA   

Berita adalah suatu kejadian fakta yang terjadi pada saat itu untuk segera disampaikan kepada masyarakat melalui radio agar masyarakat dengan cepat mengetahuinya.

Untuk memudahkan para reporter/redaktur yang berkecimpung dalam dunia jurnalistik, ada beberapa  persyaratan yang harus  dipenuhi dalam penulisan berita.

Persyaratan itu meliputi :
5 W + 1 H

  1. Who : Siapa pelaku kejadian/peristiwa tersebut,siapa saja yang terlibat
2.       What : Apa yang sedang terjadi peristiwa/kejadian apa yang sedang berlangsung
3.       When  : Kapan peristiwa  itu terjadi
4.       Where : Dimana peristiwa tersebut berlangsung
5.       Why  : Mengapa peristiwa tersebut bisa terjadi
6.       How : Bagaimanakejadian / peristiwaitu berlangsung.Untuk itu perlu diceritakan / dijabarkan

Dalam  menulis berita baik dimedia cetak dan elektronik khususnya radio maka unsur/komponen  5 W + 1 H, harus selalu masuk apapun bentuk dan jenis beritanya.

Contoh :

EKU /29/10/SORE/2008.

-----. Investor dari Arab Saudi Anadwah Al’amin  (Who= Siapa )memenangkan proyek tender pembangunan jalan tol di Indonesia  (What = Apa ). mengalahkan investor dari  enam Negara Timur Tengah Kuwait, Persatuan Emirat Arab, Yordania, Suriah dan Mesir.Duta Besar Arab Saudi di Indonesia Syeh Abdul Hamid mengemukaka, pelelangan pembangunan jalan tol secara terbuka berlangsung bulan Oktober 2008 (When = Kapan ) di Departemen Pekerjaan Umum Indonesia  (Where= Dimana ).Dalam pelelangan tersebut  investor Anadwah   Al’amin dari Arab Saudi menawarkan harga termurah, 6 ribu dolar Amerika atau sekitar 54 milyar rupiah (Why =Mengapa). Sedangkan  Investor dari Kuwait mengajukan penawaran 59 milyar rupiah, Persatuan Emirat Arab 60 milyar, Yordania 61 milyar,Suriah 62 milyar, dan investor  Mesir  65 milyar rupiah.(How = Bagaimana ) 


-----Liputan)
PIRAMIDA TERBALIK

Format membuat berita di radio, mempergunakan bentuk piramida terbalik, dimana bagian terpenting dari suatu isi  berita diletakkan paling atas, kemudian berita penting hingga kurang penting (pendukung) diletekan pada bagian berikutnya.


PIRAMIDA TERBALIK
·         Lead
·         Body
·         Etc


Keterangan

LEAD (Teras Berita) : Kalimat pertama yang memuat bagian – bagian terpenting  dalam setiap materi berita . Teras Berita (Lead Berita ) untuk memudahkan pendengar  mengetahui intisari dari berita yang disajikan, sekaligus mendorong pendengar terpancing untuk mengetahui berita selanjutnya.

BODY ( Badan Berita ) : Kaliman berikutnya yang menjelaskan mempertajam keterangan sebelumnya ( pada lead ), hal-hal yang belum disajikan dalam lead, termasuk 5 W + l H, disampaikan pada bagian ini.

Etc, (Keterangan Tambahan ) : seperti pada body berita diatas pada  kalimat dibagian ini,menjelaskan lebih lanjut apa yang belum disampaikan agar lebih jelas.


  Membuat Naskah Berita Radio

3.       Naskah Berita harus bersih dari kesalahan. Agar tidak menyulitkan pembaca (coretan koreksi, penempatan tanda baca dll )
4.       Ketik dengan rapi
5.      KETIK DENGAN HURUF BESAR
6.       Gunakan spasi ganda
7.       Batas  dari tepi kertas 2,5 cm dan jangan memotong kata
8.       Hindari singkatan, kecuali yang sudah popular
9.       Kata-kata yang sulit atau asing diberi keterangan fonetik
10.   Gunakan  tanda baca yang betul.


News Value  ( Nilai Berita )

·         Termasa : Semakin cepat berita disampaikan kepada khalayak maka semakin tinggi nilai berita. (Ex.Siaran langsung dalam berita radio)
·         Jarak : Kedekatan peristiwa dengan khalayak pendengar, semakin dekat maka semakin menarik bagi pendengar.
·         Kemajuan : Perkembangan teknologi, ilmu pengetahuan dsb.
·         Keluarbiasaan : 7 keajaiban dunia, dll
·         Ketegangan :  Ex. Persitiwa runtuhnya rezim orde baru
·         Human Interest : Hal-hal yang menyentuh emosi, (marah,sedih,gembira, baru dll)


Tehnik Penulisan Berita

Dalam penulisan Berita Radio harus berdasarkan pada  fakta, dan   penyajiannya  dari  pendapat nara sumber yang tepat dikombinasikan secara dinamis dan variatif, sesuai dengan arah bahasan yang disusun reporter.

Lngkah awal dalam  penulisan berita : harus didahului dengan inventarisasi/identivikasi atas fakta,dilapangan  atau pendapat nara sumber .


BEBERAPA CONTOH  BERITA.


Dalam operasional harian yang tugas seorang reporter/wartawan  adalah membuat
Berita:Lempang, Actuality Insert, Laporan dan ROS

STRAIGH  NEWS = Berita Lempang

Straight News = Berita lempang adalah berita mengenai peristiwa  penting dan actual yang memuat unsur-unsur pokok dari 5 W + l H, ditulis dengan singkat dan jelas  dalam struktur  piramida terbalik. Tanpa opini redaktur atau reporter. Dalam penulisan berita lempang terdiri atas sepuluh/sebelas  baris berita durasi 60 ‘ detik (satu) menit.


BERITA  STRAIGH NEWS (BERITA LEMPANG)

EKU/5/4/2008/PAGI/REP-1

----. PEMERINTAH  AKHIRNYA MENAIKAN HARGA BAHAN BAKAR MINYAK BBM, SETELAH TERTUNDA BEBERAPA WAKTU LALU, KARENA MENDAPAT PENOLAKAN DARI MASYARAKAT .// KENAIKAN BBM, SECARA RESMI AKAN DIBERLAKUKAN TANGGAL SEPULUH PEBRUARI.MENDATANG// KEPUTUSAN PEMERINTAH MENAIKAN HARGA BBM TSB.DIJELASKAN MENTERI ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERL PURNOMO YUSGIANTORO SETELAH, SIDANG KABINET TERBATAS DI ISTANA KEPRESIDENAN HARI INI.//SEBAGAI KONPENSASI  DARI KENAIKAN HARGA  BBM, PEMERINTAH AKAN  MEMBERIKAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI BLT KEPADA MASYARAKAT KURANG MAMPU// BESAR BANTUAN MASING-MASING SERATUS RIBU RUPIAH SETIAP BULAN UNTUK JANGKA WAKTU SATU TAHUN MULAI BULAN MEI 2008.//

----LIPUTAN)


BERITA ACTUALITY INSERT (BERITA LEMPANG  YANG DISISIPI SUARA NARA SUMBER )

Berita lempang yang disisipi dengan rekaman  pernyataan (suara)  dari nara sumber yang durasi insertnya setiap item berita maksimum 45 detik sampai 1 menit.. Dengan  pengertian lain,actuality insert secara luas berupa ucapan seseorang yang diinsertkan  dalam berita, sehingga item berita tersebut akan lebih menarik dan lebih meyakinkan pendengar berkat adanya dukungan dari data aktualitas yang diinsertkan.

EKU/5/4/2008/PAGI/REP-1


---.QATAR MEMBUTUHKAN LIMA PULUH RIBU TENAGA KERJA SIAP PAKAI DARI INDONESIA//MEREKA AKAN DITEMPATKAN DIPERUSAHAAN PERMINYAKAN, RUMAH SAKIT ,PERHOTELAN DAN PERUSAHAAN PENERBANGAN//DUTA BESAR INDONESIA UNTUK QATAR ROZI MUNIR DI JAKARTA HARI INI MENGEMUKAKAN  PERMINTAAN TENAGA KERJA DARI INDONESIA DISAMPAIKAN LANGSUNG  MENTERI TENAGA KERJA QATAR ABDULLAH BIN MALIK KEPADA MENTERI TENAGA KERJA //
-----------------------------------INSERT-------------------------------------------------------------
MENTERI TENAGA KERJA EMAN SUPARNO DALAM PERTEMUAN DENGANN MENTERI  TENAGA KERJA ABDULLLAH BIN MALIK,DI QATAR KEMARIN MENERIMA TAWARAN  MEMBUTUHKAN TENAGA KERJA KARENA TENAGA KERJA INDONESIA SELAMA INI CUKUP BAIK DAN RAJIN DIBANDINGKAN DENGAN TENAGA KERJA DARIN NEGARA LAIN.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
UNTUK TAHAP AWAL PEMERINTAH QATAR MEMINTA TENAGA MEDIS SEPERTI PERAWAT DAN BIDAN.//MENURUT DUTA BESAR ROZI MUNIR,UNTUK MEMENUHI PERMINTAAN TENAGA KERJA DARI QATAR, MENTERI TENAGA KERJA AKAN MEMANGGIL SELURUH PARA PENYALUR JASA TENAGA KERJA  INDONESIA DAN UNSUR INSTANSI YANG TERKAIT.//

LIPUTAN)

BERITA LAPORAN

EKU/5/4/2008/PAGI/REP-1

---.QATAR MEMBUTUHKAN LIMA PULUH RIBU TENAGA KERJA SIAP PAKAI DARI INDONESIA UNTUK DITEMPATKAN DIPERUSAHAAN PERMINYAKAN, RUMAH SAKIT,PERHOTELAN DAN PERUSAHAAN PENERBANGAN //
----------------------------------------------------------------------------------------------------------

AWAL             :  PEMERINTAH  QATAR……………………………………………
AKHIR            :……………………………………………..YANG TERKAIT
DURASI          :  2 (DUA ) MENIT


EKU/5/4/2008/PAGI/REP-1

----INDONESIA SIAP MEMENUHI PERMINTAAN QATAR   LIMA PULUH RIBU TENAGA KERJA SIAP PAKAI UNTUK DITEMPATKAN DIPERUSAHAAN PERMINYAKAN, RUMAH SAKIT , PERHOTELAHN DAN PERUSAHAAN PENERBANGAN.//UNTUK MEMENUHI PERMINTAAN TENAGA KERJA TERSEBUT MENTERI TENAGA KERJA   SECEPATNYA AKAN MELAKUKAN KONSOLODASI DENGAN INSTANSI TERKAIT.//DUTA BESAR INDONESIA UNTUK  QATAR ROZI MUNIR DI JAKARTA HARI INI MENGEMUKAKAN  PERMINTAAN TENAGA KERJA DARI INDONESIA TERSEBUT, DISAMPAIKAN LANGSUNG  MENTERI TENAGA KERJA QATAR ABDULAH BIN MALIK KEPADA  MENTERI TENAGA KERJA.//-----------------------------------INSERT-------------------------------------------------------------
MENTERI TENAGA KERJA EMAN SUPARNO DALAM PERTEMUAN DENGANN MENTERI  TENAGA KERJA ABDULLLAH BIN MALIK,DI QATAR KEMARIN MENERIMA TAWARAN  MEMBUTUHKAN TENAGA KERJA,QATAR MENGANGGAP  TENAGA KERJA INDONESIA SELAMA INI CUKUP BAIK DAN RAJIN DIBANDINGKAN DENGAN TENAGA KERJA DARI NEGA LAIN
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
UNTUK TAHAP AWAL PEMERINTAH QATAR MEMINTA TENAGA MEDIS SEPERTI PERAWAT DAN BIDAN SEKITAR DUAPULUH RIBU ORANG.//DUTA BESAR ROZI MUNIR,MENYEBUTKAN,SAMPAI SAAT INI SUDAH ADA SERATUS RIBU TENAGA KERJA INDONESIA YANG SUDAH SIAP DIBERANGKATKAN KEBEBERAPA NEGARA DAN TELAH MEMENUHI PERSYARATAN TERMASUK BAHASA YANG MEREKA KUASAI.//MUNGKY DIANA SARI MELAPORKAN DARI DOHA QATAR//

-----lIPUTAN)

BERITA ROS

ROS adalah berita lempang yang disisipi laporan  dari reporter mengenai suatu peristiwa yang disampaikan langsung dari lokasi kejadian. Dalam penyajiannya  dapat menggunakan   actuality  insert/sound effect atau sebaliknya tidak menggunakan  sebagai penguat.
ROS  dapat disiarkan dalam bentuk rekaman atau langsung  dari lokasi dengan menggunakan jalur telepon atau HP . Durasi maksimum 2 menit (jika dengan actuality intest)
Membuat berita ROS (sisipan laporan reporter), dalam radio  menggunakan bahasa tutur . Bukan bahasa tulis tetapi bahasa lisan ucapan. Ini dimaksudkan untuk lebih menarik pendengar.


EKU/5/4/2008/PAGI/REP-1

---.INDONESIA SIAP MEMENUHI PERMINTAAN PEMERINTAH QATAR  LIMA PULUH RIBU TENAGA KERJA SIAP PAKAI DARI INDONESIA UNTUK DITEMPATKAN DIPERUSAHAAN PERMINYAKAN, RUMAH SAKIT,PERHOTELAN DAN PERUSAHAAN PENERBANGAN //REPOR MUNGKY DIANA SARI BERIKUT MELAPORKAN.DARI DOHA QATAR//
----------------------------------------------------------------------------------------------------------
AWAL             :  MENTERI TENAGA KERJA……………………………………………
AKHIR            :………………………………………DARI QATAR MELAPORKAN
DURASI          :  2 (DUA ) MENIT 30 DETIK

EKU/5/4/2008/PAGI/REP-1

----MENTERI TENAGA KERJA ERMAN SUPARNO BARU SAJA SELESAI MENGADAKAN  PERTEMUAN DENGAN MENTERI TENAGA KERJA QATAR ABDULLAH BIN MALIK DI KANTOR KEDUTAAN BESAR INDONESIA DI DOHA QATAR.// DALAM PERTEMUAN TERSEBUT, PEMERINTAH QATAR  TAHUN INI MEMERLUKAN LIMA PULUH RIBU TENAGA KERJA DARI INDONESIA YANG SUDAH SIAP PAKAI UNTUK DITEMPATKAN DIPERUSAHAAN PERMINYAKAN,RUMAH SAKIT,PERHOTELAN DAN PERUSAHAAN PENERBANGAN.//DUTA BESAR INDONESIA UNTUK QATAR ROZI MUNIR MENGEMUKAKAN, MENTERI  TENAGA KERJA EMAN SUPARNO KEPADA MENTERI ABDULLAH BIN MALIK MENYATAKAN, BAHWA INDONESIA SIAP UNTUK MEMENUHI PERMINTAAN QATAR .//
-----------------------------------INSERT-----------------------------------------------------------
MENTERI TENAGA KERJA EMAN SUPARNO DALAM PERTEMUAN DENGANN MENTERI  TENAGA KERJA ABDULLLAH BIN MALIK,DI QATAR MENERIMA TAWARAN  MEMBUTUHKAN TENAGA KERJA,QATAR MENGANGGAP BAHWA TENAGA KERJA INDONESIA SELAMA INI CUKUP BAIK DAN RAJIN DIBANDINGKAN DENGAN TENAGA KERJA DARI NEGARA LAIN.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
DUTA BESAR ROZI MUNIR MENYEBUTKAN UNTUK TAHAP AWAL PEMERINTAH QATAR MEMINTA TENAGA KERJA  MEDIS SEPERTI PERAWAT DAN BIDAN SEKITAR DUAPULUH RIBU ORANG.//UNTUK MEMENUHI PERMINTAAN TENAGA KERJA, MENTERI TENAGA KERJA SECEPATNYA AKAN MEMANGGIL SELURUH PARA PENYALUR JASA TENAGA KERJA  INDONESIA DAN UNSUR INSTANSI YANG TERKAIT.//

-----LIPUTAN)



MEKANISME TEKNIK PENGAMBILAN ANGLE.

Untuk mengambil angle berita dalam sebuah  kegiatan liputan konprensi pers dan wawancara untuk wartawan/reporter VOI berbeda dengan reporter misalnya untuk Pro-3 karena harus memperhatikan dari isi/konten berita. Namun cara penulisannya tetap harus mengacu  pada persyaratan  berita 5 W + 1 H.

Beberapa hal penting yang harus diperhatikan oleh reporter VOI adalah

1.                   Apakah  acara yang akan  diliput nasional atau internasional.
2.                   Apakah  narasumber seorang Pejabat Asing (Dubes) atau Seorang Pejabat Negara, LSM  Asing, LSM  Dalam Negeri, atau Pejabat dari Perwakilan  Badan-Badan Dunia yang ada di Indonesia.
3.                   Apakah bahan  materi pertanyaan untuk nasional atau internasional.
4.                   Apakah berita yang akan dibuat tepat untuk pendengar diluar negeri
5.                   Apakah dampak positif  jika berita yang dibuat bagi Indonesia atau Luar Negeri.

Untuk mendapatkan berita biasanya  reporter  dari:
1.                   Acara  Seminar
2.                   Konprensi Pers
3.                   Lokakarya
4.                   Kunjungan Pejabat didalam/diluar negeri
5.                   Kunjungan Presiden/Wakil Presiden
6.                   Wawancara dengan Pejabat Menteri, Sekjen, Dirjen, Direktur dan para Pejabat Non Departemen Lembaga Tinggi Negara, Anggota Legislatif secara langsung atau melalui telepon.

Mengambil angle  berita bagi seorag reporter tetap harus berpedoman pada rumus

What – apa, Where = dimana,  Who = siapa, Why = mengapa, When = kapan, How= bagaimana .

Yang harus diingat pada permulaan menulis berita  sebagai Lead (teras berita) apakah Nasional atau Internasional.

Contoh:

  1. Indonesia tidak mempersoalkan  siapa Presiden Amerika Serikat  yang terpilih dalam pemilihan umum Presiden  di Ameriika Serikat bulan ini  ..(What = apa)
  2. Kemenangan Barak Obama  sebagai Presiden  Amerika Serikat  diharapkan akan membawa dampak positif bagi indonesia ……(Who = siapa)
  3. Setelah melakukan perhitungan suara secara alot dalam pemilihannumum di Amerika Serikat akhirnya Barak Obama unggul melebih 30 persen suara dari saingannya dan berhak menjadi Presiden Amerika Serikat untuk priode lima tahun………….(.How = bagaimana)
  4. Setelah dilakukan kajian, saran dan pendapat dari msyarakat akhirnya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menaikan harga Bahan Bakar Minyak BBM untuk jenis Premium dan Solar masing-masing sepuluh persen ….(How =bagaimana )



 MEKANISME PRODUKSI BERITA

Agenda Setting

Rapat  redaksi/Agenda Setting  merupakn kegiatan yang penting disebuah  lembaga yang memproduksi berita. Dalam agenda setting Semua Satuan Kerja diseluruh Indonesia  mengacu pada hasil  Dewan Redaksi Nasional  Tingkat Pusat yang dipimpin oleh Direktur Utama. Untuk  Satuan Kerja/SATKER SLN- VOI agenda setting oleh Dewan Redaksi SLN  Ketua Kepala Bidang Pemberitaan, Wakil Ketua Kepala Bidang Siaran dan anggota para  Kepala Seksi. Agenda Setting dimaksudkan untuk membahas  masalah materi/topik liputan, nara sumber, reporter, redaktur dan editor.


 PROSES  PEMBUATAN ITEM BERITA


Keterangan :

Agenda Setting              :     Membahas topik liputan harian, penugasan reporter, format penyajian,waktu siaran, diikuti oleh tim operasional yang terkait dipimpin oleh Ketua/Wakil Ketua atau Salah satu Anggota Dewan Redaksi SLN ,Coverage Manger, News Editor, Curen Apair Manager dan  Program Director
Coverage Manager        :     Menugaskan reporter untuk melakukan peliputan sesuai dengan pembagian tugas  (hasil rapat  agenda setting) .
News Manager             :     Memilih mengoreksi dan menyusun naskah berita laporan, berita lempang /hasil liputan/redaktur dan menetapkan jam siaran.
Tim Produksi                 :     Memproduksi dan menyajikan bahan berita (voice, insert)
Penyiaran Berita           :     Membacakan berita  oleh penyiar dinas
Evaluasi                        :     Dilakukan oleh tim operasional  untuk semua kegiatan sebagai bahan perencanaan berikutnya


DOKUMENTASI DAN PELAPORAN

Dokumentasi
Ø      Dokumentasi merupakan catatan kejadian
Ø      Kejadian saat ini adalah proses dari kejadian sebelumnya
Ø      Kebijakan manajemen saat ini merupakan hasil proses dari kebijakan manajemen sebelumnya yang telah dievaluasi, diambil yang baik dan dibuang yang buruk.

Peran dokumentasi sangat penting dalam menunjang operasional siaran khususnya dibidang Pemberitaan. Semua produk yang telah disiarkan  dalam bentuk : berita, non berita, hasil wawancara, audio visual dan paket siaran penting harus didokumentasikan. 


Peran Dokumentasi

  1. Alat bukti penyelenggaraan liputan
  2. Alat bukti penyelenggaran siaran
  3. Bahan referensi membuat paket acara siaran
  4. Kaleidoskop
  5. Laporan

Prosedur Dokumentasi

  • Liputan Insert, Foto,  video
  • Dokumentasi, dan Pelaporan
  • Archieve Manager

Pelaporan.

Pelaporan sangat penting untuk mengetahui produk hasil kerja disemua lini baik dilayanan bahasa, redaksi, maupun reporter.

1.         Untuk redaksi, reporter  dan layanan bahasa dibuat laporan harian
2.         Hasil Rapat  Agenda Setting dewan redaksi, setiap hari dibuat dan hasil liputan ditulis oleh masing-masing reporter sesuai penugasan.
3.         Semua reporter wajib membuat laporan hasil liputan setiap bulan
4.         Produk berita SLN dibuat laporan bulanan


Disajikan pada INHOUSE TRAINING INTERNATIONAL JOURNALISM
28 – 31 OKTOBER 2008

1 komentar:

  1. Hello Tuan-tuan dan Puan-puan!

    Perlu pinjaman? Anda ditolak oleh bank dan anda ingin mendapatkan pinjaman untuk
    memenuhi apa-apa keperluan anda? Tiada masalah. Apa jua keadaan kewangan anda. saya menawarkan
    pinjaman gadai janji, pinjaman komersial, pinjaman antarabangsa, pinjaman peribadi dan
    pinjaman pinjaman pendidikan eksklusif. Saya menawarkan pinjaman disediakan untuk
    perkongsian, lain orang lain awam dan swasta, dan banyak. Saya sedia untuk
    memberi apa-apa pinjaman, hartanah, kewangan, dan banyak lagi. Saya menawarkan kedua-dua panjang dan
    tempoh pinjaman pendek dengan kadar faedah sebanyak 2%. Hubungi saya hari ini dan mendapatkan
    kelas pertama perkhidmatan kewangan pinjaman: carlosinvestment@hotmail.com

    - Pinjaman Kewangan
    - Pinjaman Pelaburan
    - Pinjaman Auto
    - Penyatuan Hutang
    - Pemerolehan kredit
    - Pinjaman Peribadi
    - Xmas Pinjaman

    Anda terjebak Jika anda benar-benar memerlukan pinjaman untuk cuba untuk menghubungi saya.

    E mail: carlosinvestment@hotmail.com
    Puan Bacon Tasha Elizabeth®

    BalasHapus