Sabtu, 09 April 2011

Berfikir Positif

Pernahkan anda diingatkan oleh sesorang untuk "berfikir positif"??.
Jawabannya; jarang, sering, atau belum pernah.
Apasih berfikir positif ? Entah darimana datangnya saat ingin merebahkan diri untuk tidur, pikiran saya diarahkan untuk membuat tulisan ini.

Jawaban sederhana adalah "mikir yang bagus-bagus". Nah saat membuat tulisan ini, saya baca tulisan dari "Forum Motivasi Islam. Pengertian berpikir positif itu? Berpikir positif itu penting. Langkah pertama untuk bisa memiliki pikiran positif, kita harus mengetahuai terlebih dahulu pengertian berpikir positif.
Sungguh, kulihat diriku, seandainya aku mengangkat batu niscaya
kutemukan di bawahnya emas dan perak……!

Mungkin Anda sudah mengenal kalimat yang terkenal ini, sebuah kalimat yang di ucapkan oleh salah seorang sahabat Rasulullah saw yang dijamin masuk syurga. Beliau adalah Abdurrahman bin ‘Auf. Dalam kalimat ini terkandung sebuah pengertian berpikir positif.


Para ahli saat ini mengatakan bahwa keajaiban berpikir positif ialah saat Anda mengatakan bisa, maka Anda akan bisa. Abdurrahman bin ‘Auf mengatakan bahwa beliau mampu untuk selalu menghasilkan uang, bahkan dengan peribahasanya: mengangkat batu pun bisa menghasilan emas dan perak. Secara tidak langsung, Abdurrahman bin ‘Auf mengatakan bahwa beliau bisa mendapatkan uang dari setiap perniagaanya.
Inilah titik awal kita memahami pengertian berpikir positif.

Berpikir Positif diawali dengan sebuah keyakinan pada diri sendiri. Keyakinan bahwa dirinya mampu. Keyakinan yang mengatakan bahwa diri beliau “bisa”. Jika Anda melihat diri Anda “bisa”, maka Anda akan “bisa”. Jika Anda melihat diri Anda akan menghasilkan, maka Anda akan menghasilkan. Jika Anda tidak bisa melakukan hal seperti ini, maka Anda masih dikuasai oleh pikiran negatif.

Tidak ada orang yang memiliki pikiran positif 100% kecuali para nabi Allah. Sejauh mana diri Anda berpikir positif  bisa dilihat pada diri Anda saat ini. Bagaimana dengan keuangan Anda? Itulah tingkat pikiran Anda tentang uang. Bagaimana kesehatan Anda? Itulah level pikiran Anda tentang kesehatan Anda.
Bagaimana dengan hubungan Anda? Itulah kualitas pikiran Anda tentang hubungan.

Hal yang ideal ialah bagaimana kita memiliki pikiran positif untuk semua hal dalam hidup kita, sehingga kita hidup dalam sebuah keseimbangan. Saya menawarkan sebuah konsep berpikir yang lebih tinggi dibanding dengan berpikir positif, yaitu berpikir indah atau apa yang saya sebut dengan Beautiful Mind.

Sebagai lawan dari pikiran positif tentu saja apa yang disebut pikiran negatif. Kehadiran pikiran negatif bisa mentralisir pikiran positif Anda. Pikiran positif akan memancarkan energi positif, sementara pikiran negatif akan memancarkan energi negatif. Tergantung energi mana yang lebih besar. Jika energi positif lebih besar, maka hidup Anda akan lebih positif.

Tugas Anda ada dua, yang pertama memperbesar energi positif dan yang kedua memperkecil energi negatif. Setelah itu, rasakanlah indahnya hidup jika kita memiliki pikiran indah.
Anda bisa mendiskusikan tentang Pengertian Berpikir Positif di Forum Motivasi Islami

Jadi, hidup ini kita jalani dengan mudah, bukan dengan susah. Basuhlah setiap saat jika muncul hal yang mempengaruhi pikiran kita, dengan berzikir tak pernah henti sepanjang oksigen masih kita hirup dengan leluasa, sebelum semuanya berhenti pada satu titik kulminasi.

Diposkan 942011-10:44

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar